Langsung ke konten utama

Jenis Perusahaan dan Bentuk Perusahaan

Halo reader'sselamat datang kembali di blog saya yang tercinta ini. Kali ini saya akan sharing tentang jenis-jenis perusahaan serta bentuk-bentuk perusahaan yang biasanya ditemui di sekitar kita. 

Sebelum itu perlu dipahami dulu ya reader'sPerusahaan itu artinya sekelompok orang lebih dari satu orang secara legal berkumpulberserikat untuk mencapai tujuan tertentuTujuan itu sudah pasti motif ekonomi ya. Tapi, ada juga sih perusahaan yang berkumpul tanpa mengharapkan suatu imbalanperusahaan itu disebut perusahaan nirlaba 

Perusahaan nirlaba biasanya disebut sebagai yayasan amalMakanya usaha atau kegiatannya adalah untuk mengumpulkan uang dari masyarakat untuk pihak yang bagi perusahaan itu butuhkan 

Apa bedanya perusahaanorganisasikomunitas, dan yayasan? 
Sebenarnya saya gak mau bahas ini, jadi singkat saja yaBedanya perusahaanorganisasi, dan lainnya yang membedakan satu dengan yang lainnya itu diantaranya adalah : 

1.Perusahaan lebih berprinsip ekonomi "Menyedikitkan pengeluaranmemperbanyak pemasukan"Jadi perusahaan lebih dominan berkegiatan yang menghasilkan profit. 

2. Organisasi biasanya lebih dominan untuk melaksanakan program kerja yang dibuatnyaBisa itu event, seminar, dan lainnyaNamun berada di dalam naungan lembaga hukum yang jelas dan legal. 
3. Komunitas biasanya tidak memiliki naungan hukum.Orang orang berkumpul untuk melaksanakan hobi mereka. 

4. Yayasan lebih dominan terhadap kegiatan amalpendidikan, dan kemasyarakatan 
Nah setelah mengenal perbedaan itu semuamari kita masuk ke inti persoalan. Ada berapa banyak bentuk perusahaan dan jenisnya? 

Perusahaan memiliki 3 jenis 

Di dunia ekonomi ada 3 jenis perusahaan yang dapat kita temui yaitu diantaranya : 

1. Perusahaan Jasa 

Perusahaan Jasa adalah perusahaan yang kegiatan ekonominya berupa penjualan jasa yang bersifat pelayananJasa adalah sesuatu yang tak kasat mata namun dapat dirasakan oleh pelanggan. Jadi yang dijual oleh Perusahaan Jasa tentu bukan barang yang dapat di tenteng kemana mana oleh pelanggan namun bentuk pelayanan perusahaan jasa itu dapat dirasakan oleh indra pelangganContohnya : Sekolah yang memberikan pelayanan memberikan pelajaran bagi murid, tukang cukur yang mencukur pelanggannya. 

2. Perusahaan Dagang 

Perusahaan dagang adalah jenis perusahaan yang mempunyai kegiatan membeli barang, dan menjualnya kembali tanpa merubah bentuk apapun dari barang yang perusahaan itu beliMungkin kita mengenal supermarket, dan warung kelontong yang belanja ke pasar lalu menjual barang kepada pelanggan tanpa merubah barang yang dijual itu. 

3. Perusahaan Manufaktur 

Perusahaan manufaktur memiliki kegiatan yang lebih kompleks karena perusahaan ini melakukan kegiatan membeli barang belum jadiatau setengah jadi kemudian mengolahnya menjadi barang setengah jadi atau barang jadi lalu diakhiri dengan menjual barang setengah jadi atau barang jadi itu ke pelangganContoh dari perusahaan manufaktur adalah pabrik baju yang membeli kainkemudian mengolah kain itu menjadi baju, kemudian diakhiri dengan menjualnya ke pasar atau mall. 

Macam-macam Bentuk Perusahaan 

Bentuk perusahaan umumnya ada 3 dan masing-masing bentuk perusahaan memiliki kelebihan dan kelemahan. Berikut 3 bentuk perusahaan diantaranya sebagai berikut : 

1. Perusahaan Perseorangan 

Perusahaan Perseorangan biasanya dimiliki oleh individupemilik tunggalBentuk perusahaan ini biasanya lebih mudah dalam pengelolaannyabiayanya juga relatif lebih sedikitKelemahannya ada pada sumber keuangan yaitu milik pribadi yang biasanya terbatas. 

2. Perusahaan persekutuan 

Perusahaan persekutuan dimiliki oleh dua atau lebih individu, masing-masing pemilik menyetorkan modalnya ke perusahaan untuk bekerja secara bersama-samaKeunggulannya terletak pada sumberdaya keuangan yang tidak hanya berasal pada satu orang sajatetapi berasal dari beberapa pemilik perusahaan 

3. Perusahaan perseroan 

Biasanya disebut juga korporasiPerusahaan ini secara legal modalnya terdiri dari saham-saham, yang diterbitkan oleh korporasi tersebut dan dijual kepada masyarakat yang berminat untuk membelinyaKeunggulan utama bentuk perusahaan korporasi adalah kemampuan untuk mendapat sejumlah sumberdaya keuangan dengan cara menerbitkan saham tersebut. 

Cukup sekian sharing dari saya semoga bermanfaat.. 
See you around.. 
Cheers..  

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Transaksi Bisnis Mempengaruhi Persamaan Dasar Akuntansi

Hallo reader's.. kali ini kita akan membahas tentang apa itu transaksi bisnis dan juga kaitannya dengan akuntansi. Langsung saja yuk Transaksi Bisnis   Transaksi bisnis perusahaan merupakan kejadian yang terjadi di perusahaan yang mana kejadian itu mengakibatkan perubahan dalam harta, utang, dan modal perusahaan. Kegiatan ekonomis seperti membayar tagihan listrik dan menerima pendapatan dari barang atau jasa yang dijual juga termasuk dalam transaksi bisnis. Para reader's harus mengetahui bahwa ada berbagai macam transaksi bisnis yang dapat kita kelompokan menjadi 2 yaitu diantaranya : Transaksi internal yang mana transaksi ini berada di dalam ruang lingkup perusahaan.  Kemudian transaksi eksternal yaitu transaksi yang melibatkan pihak-pihak di luar perusahaan. Transaksi Merubah Persamaan Dasar Akuntansi Ada tiga akun persamaan dasar Akuntansi yaitu : Aset adalah sumber daya yang dimiliki oleh perusahaan, yang dapat digunakan oleh perusahaan dalam kelancara

Unsur Proses Akuntansi Beserta Penjelasannya

Terimakasih telah berkunjung ke blog Akuntan Pemula. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang proses unsur akuntansi. Unsur proses dalam sistem akuntansi merupakan hal yang sangat penting untuk diingat oleh para akuntan sebab jika tak ada unsur ini maka sistem akuntansi tak akan bisa berjalan dengan benar. Unsur proses akuntansi berurutan sebagai berikut : 1.Formulir/Bukti Transaksi Formulir atau bukti transaksi adalah sebuah catatan yang merekam segala bentuk transaksi diluar dan didalam perusahaan. Bentuk dari bukti transaksi ada banyak macamnya misal : nota kredit, kwitansi, memo, dll. Bukti transaksi biasanya mencatat setiap satu transaksi dengan satu bukti transaksi. 2. Jurnal Jurnal merupakan catatan harian yang dikhususkan untuk mencatat setiap bukti transaksi. Dalam aturannya ketika transaksi di perusahaan terjadi maka segera dibuatkan bukti transaksinya kemudian dicatat langsung di jurnal saat itu juga. Perlu diketahui juga jurnal umumnya ada 5 namun t

Jurnal di Akuntansi

Ketika reader’s sudah mengenal apa itu transaksi, apa itu akun akun, apa itu saldo normal, apa itu persamaan dasar Akuntansi, alur dari siklus Akuntansi .. Selamat! itu adalah modal awal untuk para Akuntan Pemula buat belajar Menganalisis sebuah transaksi horee.. bansai.. hahaha..  Nah saat ini kita akan membahas mengenai alur pertama dari semua siklus Akuntansi. Sebagai akuntan yang baik alur ini merupakan tahap paling penting yang menentukan segalanya. Semua laporan keuangan kacau jika pada tahap ini terdapat banyak kesalahan. Serius.. hehehe  Pencatatan Double Entry  Di artikel lain kita sudah membahas mengenai transaksi yang selalu mempengaruhi 2 akun atau lebih. Nah, karena dua akun maka pencatatannya juga dua dong. Jadi ada sistem pencatatan yang dinamakan sistem berpasangan atau double entry dicatatnya di jurnal ya.. Sistem akuntansi berpasangan (double entry system) merupakan alat yang dapat digunakan untuk menganalisis transaksi. Tahapannya dalam menganalisis