Langsung ke konten utama

Transaksi Bisnis Mempengaruhi Persamaan Dasar Akuntansi

Pengertian Transaksi
Hallo reader's.. kali ini kita akan membahas tentang apa itu transaksi bisnis dan juga kaitannya dengan akuntansi. Langsung saja yuk

Transaksi Bisnis 

Transaksi bisnis perusahaan merupakan kejadian yang terjadi di perusahaan yang mana kejadian itu mengakibatkan perubahan dalam harta, utang, dan modal perusahaan.

Kegiatan ekonomis seperti membayar tagihan listrik dan menerima pendapatan dari barang atau jasa yang dijual juga termasuk dalam transaksi bisnis.

Para reader's harus mengetahui bahwa ada berbagai macam transaksi bisnis yang dapat kita kelompokan menjadi 2 yaitu diantaranya :

  • Transaksi internal yang mana transaksi ini berada di dalam ruang lingkup perusahaan. 
  • Kemudian transaksi eksternal yaitu transaksi yang melibatkan pihak-pihak di luar perusahaan.

Transaksi Merubah Persamaan Dasar Akuntansi

Ada tiga akun persamaan dasar Akuntansi yaitu :

  1. Aset adalah sumber daya yang dimiliki oleh perusahaan, yang dapat digunakan oleh perusahaan dalam kelancaran aktivitas produksi, konsumsi dan pertukaran. Dengan demikian, aset merupakan kapasitas yang dimiliki perusahaan yang memberikan manfaat ekonomis di masa yang akan datang dan menghasilkan bagi perusahaan yang bersangkutan. 
  2. Kewajiban adalah klaim atas aset tertentu. Bentuk sederhana kewajiban perusahaan adalah utang. Utang ini bisa timbul dari peminjaman uang, pembelian barang dagangan atau perlengkapan secara kredit yang digunakan untuk membantu kegiatan perusahaan.
  3. Ekuitas pemilik merupakan klaim pemilik atas semua aset yang ada di perusahaan, yang dihitung dengan cara total aset dikurangi dengan total kewajiban. Dengan demikian, total aset yang dimiliki perusahaan akan menjadi klaim dari para kreditor dan klaim pemilik. Klaim dari pemilik merupakan sisa dari klaim kreditor.

Diatas adalah akun yang akan berubah jika terjadi transaksi. Akun ini merupakan akun utama. Coba lihat tabel berikut untuk memahami perubahan akun persamaan dasar Akuntansi dalam contoh di beberapa transaksi :

Akuntan Pemula
Contoh Transaksi dan Pencatatannya

Persamaan Dasar Akuntansi


Persamaan Dasar Akuntansi

Persamaan Dasar Akuntansi adalah rumus Akuntansi dasar yang wajib pake banget diketahui untuk siswa/ mahasiswa/ pelaku usaha ataupun semua orang yang mempelajari Akuntansi. Sebab ini adalah dasar seperti mengenal doi tanpa kenal orang tuanya. Sangat disayangkan bukan?

Oke sekian artikel kali ini. Saya harap artikel ini bermanfaat.
Saya Dewa Alher.. See Ya reader'sss

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Unsur Proses Akuntansi Beserta Penjelasannya

Terimakasih telah berkunjung ke blog Akuntan Pemula. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang proses unsur akuntansi. Unsur proses dalam sistem akuntansi merupakan hal yang sangat penting untuk diingat oleh para akuntan sebab jika tak ada unsur ini maka sistem akuntansi tak akan bisa berjalan dengan benar. Unsur proses akuntansi berurutan sebagai berikut : 1.Formulir/Bukti Transaksi Formulir atau bukti transaksi adalah sebuah catatan yang merekam segala bentuk transaksi diluar dan didalam perusahaan. Bentuk dari bukti transaksi ada banyak macamnya misal : nota kredit, kwitansi, memo, dll. Bukti transaksi biasanya mencatat setiap satu transaksi dengan satu bukti transaksi. 2. Jurnal Jurnal merupakan catatan harian yang dikhususkan untuk mencatat setiap bukti transaksi. Dalam aturannya ketika transaksi di perusahaan terjadi maka segera dibuatkan bukti transaksinya kemudian dicatat langsung di jurnal saat itu juga. Perlu diketahui juga jurnal umumnya ada 5 namun t

Jurnal di Akuntansi

Ketika reader’s sudah mengenal apa itu transaksi, apa itu akun akun, apa itu saldo normal, apa itu persamaan dasar Akuntansi, alur dari siklus Akuntansi .. Selamat! itu adalah modal awal untuk para Akuntan Pemula buat belajar Menganalisis sebuah transaksi horee.. bansai.. hahaha..  Nah saat ini kita akan membahas mengenai alur pertama dari semua siklus Akuntansi. Sebagai akuntan yang baik alur ini merupakan tahap paling penting yang menentukan segalanya. Semua laporan keuangan kacau jika pada tahap ini terdapat banyak kesalahan. Serius.. hehehe  Pencatatan Double Entry  Di artikel lain kita sudah membahas mengenai transaksi yang selalu mempengaruhi 2 akun atau lebih. Nah, karena dua akun maka pencatatannya juga dua dong. Jadi ada sistem pencatatan yang dinamakan sistem berpasangan atau double entry dicatatnya di jurnal ya.. Sistem akuntansi berpasangan (double entry system) merupakan alat yang dapat digunakan untuk menganalisis transaksi. Tahapannya dalam menganalisis